Materi 1 : BISNIS ONLINE




Materi 1 : BISNIS ONLINE - Apa yang kalian ketahui tentang bisnis online, mungkin sebagian dari kalian menyampaikan bahwa bisnis online itu adalah jualan online, lalu apakah driver gojek dan grab adalah seorang pebisnis online? coba mari kita bahas bersama.

Tujuan Pembelajaran :
KD 3.1 : Memahami bisnis online
KD 4.1 : Menggolongkan jenis jenis bisnis online 

A. Bisnis Online

Bisnis Online
Bisnis Online

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba[1] , sedangkan online artinya melalui internet. Jadi pengertian bisnis online adalah seseorang atau organisasi yang menjual barang atau menawarkan jasa kepada konsumuen atau bisnis lainnya melalui internet untuk mendapatkan laba.
Bisnis online sebenarnya hampir sama seperti bisnis jual beli tradisional, maksudnya adalah didalamnya bisa terdapat negosiasi, dan bahkan penipuan.

Bagaimana bisa terjadi penipuan dalam bisnis online?
Penipuan bisa terjadi jika seorang konsumen tidak berhati - hati dalam bertransaksi dan tidak memiliki pengetahuan dalam lingkup bisnis online. Dalam materi kali ini kita tidak akan secara mendalam untuk membahas ini, yang akan kita bahas selanjutnya adalah tentang bagaimana bisnis online kita bisa berkembang.



B. Internet Marketing

Dalam menjalankan bisnis online dibutuhkan keilmuan untuk menjalankannya, keilmuan ini disebut dengan internet marketing, agar lebih jelas coba kita analisis kasus dibawah ini

Studi Kasus 1:[2]
Di sebuah hari yang cerah oleh sinar matahari pagi, dua orang sahabat kental bernama Joni dan Joey memutuskan untuk memulai bisnis. Mereka masing-masing memiliki ide bagus cara berbisnis yang berbeda, sehingga mereka fokus pada pilihan cara masing-masing. Yuk kita sama-sama lihat bagaimana mereka membuka dan menjalankan bisnis baru mereka.


Joni not Depp

Kita lihat jalan cerita Joni terlebih dahulu. Joni membuka sebuah toko yang menjual beberapa produk. Dia menyewa sebuah tempat di lokasi yang strategis. Dia mempekerjakan beberapa orang sales. Dia mencetak beberapa brosur, pamflet atau leaflet (surat edaran) berisi informasi produknya, surat-surat promosi, dan mengiklankan produknya itu di koran lokal.

Dan setelah beberapa minggu, Joni mulai kedatangan banyak konsumen dari kotanya dan daerah di sekitarnya. Joni sangat senang, tapi bisnisnya banyak memakan biaya yang akibatnya Joni mendapat margin keuntungan yang rendah. Jadi dia memutuskan untuk menunggu dan melihat apakah ada pertumbuhan bisnisnya seiring berjalannya waktu.

Joey not Satriani not Indonesian Idol

Nah, sekarang bagaimana dengan Joey?

Di sisi lain, atas saran seorang staf SEM & SEO Management, survey says, Joey memutuskan untuk memulai membuat toko online (atau online store) untuk menjual produknya. Joey membuat situs web yang bagus dan menarik desainnya, dengan nama yang mudah diingat.

Dia mempekerjakan penulis artikel, menginvestasikan sejumlah anggaran untuk internet marketing seperti mencari beberapa orang professional di bidang SEO dan email marketing. Dia mengiklankan produknya di mesin pencarian web dengan system bayar-per-klik (pay-per-click atau PPC).

Dan dalam beberapa minggu, Joey pun mulai mendapatkan banyak konsumen yang tersebar di negaranya bahkan dari luar negeri! Joey sangat senang! (online.. online.. dolar.. dolar.. hehe.)

Bisnisnya berbiaya rendah dibandingkan dengan keuntungan yang didapatnya, sehingga dia mendapatkan margin keuntungan yang sangat tinggi. Dan dia tak sabar menunggu bisnis onlinenya ini bertumbuh-kembang setiap harinya.

Beberapa purnama berlalu, dan akhirnya datang tahun yang baru…

Bagaimana keadaan Joni dan Joey?

Joni masih di tempat berjualannya di tempat yang sama, dengan para tenaga sales yang sama, strategi marketing yang sama, dan para pelanggan lokal yang sama.

Tidak menutup kemungkinan para pesaing bisnis Joni segera muncul. Biaya-biaya di bisnisnya tetap tinggi dan margin keuntungannya masih tetap sangat rendah. Jadi dengan terpaksa dia memutuskan menunggu lagi selama setahun yang akan datang berharap ada perkembangan di bisnisnya itu.

Sedangkan Joey yang hanya memulai dari sebuah website, sekarang sudah memiliki sebuah kantor baru! Dia mempekerjakan lebih banyak lagi orang dan konsumennya semakin bertambah bahkan dari seluruh negeri.

Biaya bisnisnya ini masih tetap sangat rendah, sedangkan margin keuntungannya tetap masih sangat tinggi. Jadi dia memutuskan untuk menambah toko online yang baru untuk menjual lini produk yang lainnya!

Kesimpulan : 
Ilmu marketing merupakan dasar bagaimana anda memasarkan dan memperkenalkan produk atau jasa anda ke masyarakat, ilmu ini juga terus berkembang. Tidak ada yang salah dengan ilmu marketing tradisional , ilmu marketing modern pun tidak selalu benar. Kombinasikanlah ilmu yang didapat agar tercipta sebuah formula baru untuk marketing produk yang tepat.

Studi Kasus 2 :


Di sebuah hari yang cerah oleh sinar matahari pagi, dua orang sahabat kental bernama RINTO dan BASRI memutuskan untuk memulai bisnis. Mereka masing-masing memiliki ide bagus cara berbisnis yang berbeda, sehingga mereka fokus pada pilihan cara masing-masing. Yuk kita sama-sama lihat bagaimana mereka membuka dan menjalankan bisnis baru mereka.

Rinto dan Basri merupakan seorang pelajar di salah satu kampus yang ada di Semarang, keduanya merupakan anak yang rajin dan ulet. Rinto adalah anak seorang petani dan Basri merupakan anak seorang pedagang.

Suatu hari keduanya berdiskusi untuk mencari pengalaman bekerja, namun karena masih kuliah mereka kesusahan untuk diterima bekerja. Karena kesulitan itulah mereka akhirnya sepakat untuk mencoba bekerja sebagai tukang ojek di dekat kampus, kebetulan disekitar itu ada pangkalan ojek dan setelah mengurus administrasi akhirnya mereka berdua terdaftar sebagai pengojek di pangkalan tersebut.

Setelah beberapa bulan berjalan, mereka mendapatkan tambahan penghasilan yang cukup untuk menabung. Namun karena semester akhir mereka mulai kesusahan untuk membagi waktu antara mengojek dan bimbingan skripsi. Karena kesusahan waktu tersebut akhirnya Rinto memutuskan untuk mengojek di jam 14.00 hingga 16.00 di jam akhir setelah skripsi dan jam pulang kampus, Sedangkan Basri memutuskan untuk mendaftar sebagai pengojek online dan pengojek pangkalan.

Menurut kalian manakah yang akan mendapatkan penghasilan lebih besar selama semester akhir ini?

C. Dasar Internet Marketing

Ada 3 hal yang harus dipelajari dalam penerapan internet marketing :
1. Membuat konten
Konten bisa berupa barang, maupun jasa yang diinginkan.
2. Menawarkan konten
Apa yang ditawarkan tentunya membutuhkan tempat, ada banyak opsinya yang pertama bisa dengan menggunakan situs e-commerce yang kedua bisa dengan membuat website sendiri
3. Mendatangkan pengunjung
Banyak cara yang bisa dicoba untuk mendatangkan pengunjung, bisa dengan menggunakan iklan gratis maupun iklan berbayar.

D. Jenis bisnis online

Bisnis online dibagi menjadi 4 menurut jenisnya,
1. B2C (Bussines to Consumer)
Jenis ini merupakan yang paling umum digunakan, pemilik bisnis menjual langsung ke konsumen yang membutuhkan. Seiring berjalannya waktu pemilik bisnis mengembangkannya ke marketplace seperti bukalapak, lazada, olx, tokopedia, dll.

2. B2B (Bussines to Bussines)
Suatu sekolah meminta kiriman pakaian sekolah ke suatu pabrik pakaian sesuai data yang dikirim melalui email berikut dengan ukuran dan jumlahnya, smk yaphar membutuhkan 120 pakaian ukuran L, 70 pakaian ukuran M dan 130 pakaian ukuran XL ke Pabrik garment yang bertempat di demak.

3. C2C (Consumer to Consumer)
Menjual barang lewat sosial media adalah yang paling mudah digunakan, seseorang menjual sepeda bekasnya melalui akun sosial media facebook dan yang membeli adalah teman facebooknya.

4. B2E (Bussines to Employee)
Go-Jek dan Grab adalah salah satu contoh Bussines to Employee, karena Go-Jek dan Grab memberikan pekerjaan kepada pegawainya dengan media aplikasi mobile jadi consumer memesan kendaraan ke aplikasi Go-Jek atau Grab, kemudian sistem mencarikan pengemudi terdekat dari Consumer.


Latihan Soal 1 (30 Menit):
1. Menurut kalian pemesanan taxi bluebird jika diidentifasi dari jenisnya masuk kategori yang mana?jelaskan alasanmu!
2. Apa yang mendasari seseorang terjun ke bisnis online? Apa keuntungannya?
3. Buatlah rencana bisnis onlinemu sendiri, jelaskan secara singkat apa bisnis yang akan anda jalankan? alasan anda dalam memilih bisnis tersebut, dan strategi internet marketing apa yang akan anda lakukan?
4. Bagaimana internet marketing yang cocok bagi usaha ice kepal milo yang banyak saingannya?
5. Kategorikan bisnis di soal nomor 3 dan nomor 4 masuk ke jenis yang mana? berilah alasannya!


Sumber :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
2. https://semseomanagement.com/apa-itu-internet-marketing/

Comments