KELEBIHAN DOMAIN .ID

Domain .ID merupakan salah satu domain tingkat tinggi atau TLD (Top Level Domain) seperti .com , .net , .biz dan lain - lain. Tentunya dari berbagai domain ini memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti saat pendaftaran dibutuhkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tidak , ini tergantung dari penyedia layanan yang mensyaratkan wajib memakai KTP atau tidak.

Namun selama saya mendaftarkan domain , hanya sekali saya diminta mengupload scan ktp saya, yaitu pada saat pertama kali mendaftar sebagai member di salah satu penyedia layanan domain. Selanjutnya pemesanan nama domain hanya cukup dilakukan dengan memesan nama yang cocok , transfer sejumlah uang yang diminta lalu melakukan konfirmasi pembayaran, tanpa harus mengirimkan lagi E-KTP yang telah di scan ke penyedia layanan. Mungkin yang kedua kali ini saya sudah terekam oleh sistem sebagai pelanggan jadi tidak repot - repot lagi mengunggah dokumen.

Selama ini saya hanya mendaftarkan domain dengan akhiran .com karena menurut saya domain tersebut sangat familiar di telinga dan mudah dalam pelafalan. Suatu ketika saya diminta menjadi developer web dan pelanggan saya meminta untuk dibuatkan website dengan akhiran .co.id , langsung saja saya iyakan tanpa bertanya - tanya dulu. Singkat cerita setelah web jadi dan sudah saya pesankan domain dan hosting, saya kaget karena waktu itu diminta SIUP (Surat Ijin Pendirian Usaha) padahal biasanya hanya memerlukan KTP, dan kebetulan pelanggan saya usahanya belum mempunyai ijin tersebut jadi domain .co.id tersebut batal dan uang dikembalikan lalu saya rubah ke .com.

Pengalaman tersebut akhirnya membawa ilmu baru bagi saya, dan karena alasan tersebut saya ingin memberikan / menulis kelebihan domain .id bagi website indonesia ,
  1. Memupuk rasa nasionalisme, karena pengelola domain .id adalah PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).
  2. Sudah pasti aman karena semua domain .id merupakan domain yang terverifikasi jadi sudah pasti aman dari kejahatan. 
  3. Server terletak di Indonesia, sehingga lebih cepat dalam perbaikan. 

Mungkin masih banyak yang lain namun saya belum mengetahui, tentunya pemilihan domain tergantung para webmasternya untuk memilih domain apapun untuk websitenya. Namun pemilihan nama domain akan menjadi pintu awal keberhasilan, karena semakin mudah nama domain dibaca dan diingat akan semakin mudah di bagikan ke khalayak.

Selamat membeli domain baru . . .

Comments