FOSS


Apa itu FOSS?? Kalangan awan mungkin agak asing dengan istilah FOSS. FOSS merupakan Kependekan dari Free Open Source Software, Atau dengan kata lain Software yang bebas dan terbuka. free disini berarti bebas.  FOSS sendiri identik dengan pengguna Sistem Operasi Linux, karena linux sendiri melegalkan sistem operasinya dioprek dan dirubah tapi tetap memakai identitas linux sebagai merek nya.
Namun FOSS juga tidak terikat ke sistem operasi saja, banyak contoh disekitar kita entah dari pemrograman maupun grafis, tidak mengikat hal itu saja.

Ketenaran FOSS sendiri akhirnya menarik minat Pemerintah, khususnya indonesia dalam menerapkan software yang bebas dan terbuka, di dunia pendidikan saya ambil contoh di SMK. Disana diajarkan mata pelajaran Simulasi Digital yang didalamnya diajarkan antara lain
1.Komunikasi Dalam Jaringan
2.Kelas Maya
3.Presentasi Video
4.Simulasi Visual
5.Buku Digital
Di mata pelajaran Simulasi Visual, pemerintah sudah memakai blender sebagai software dalam membuat visual 3d object. Ini merupakan langkah maju dari pemerintah dalam memanfaatkan FOSS serta mengurangi alokasi dana dalam pembelian perangkat lunak berbayar, karena Blender ini juga merupakan sistem visualisasi yang gratis dan bebas dikembangkan.

Mungkin masih banyak tulisan saya yang kurang tepat dalam membahas FOSS , Free Open Source Software ini semoga bisa bermanfaat untuk saya sendiri, dan semoga indonesia mendatang bisa menjadi negara yang mampu mensejahterakan rakyatnya :)

saya jadi teringat sebuah lagu yang liriknya seperti ini

.....

Walaupun banyak negeri kujalani,
yang mansyur permai di kata orang,
tetapi kampung, dan rumahku
Disanalah ku rasa senang

tanahku tak ku lupakan
engkau kubanggakan

Comments